Tutup Orientasi Caleg NasDem, JK Pesan Caleg Harus Pahami Sistem Pemerintahan

JAKARTA (3 september) : Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) resmi menutup rangkaian acara Pekan Orientasi Caleg NasDem tingkat DPR-RI.  Di hadapan 575 caleg NasDem, JK berpesan agar caleg  mempunyai modal memahami sitem pemerintahan.

 

“Jangan berhenti membaca, harus banyak baca. Itulah modal agar caleg tidak datang, duduk, dan diam saja dalam ruangan DPR,” tutur JK di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Senin (3/9).

 

Setiap caleg yang ingin maju menjadi anggota DPR dikatakan oleh JK harus mengetahui permasalahan bangsa terkini. Anggota legislatif juga harus bisa mengetahui ke mana arah bangsa akan maju.

 

“Ketika rapat harus berbicara dan mengetahui kekuatan di bidangnya masing-masing. Kalau Komisi  1 mengerti hubungan internasional, pertahanan, Komisi 2 tentang pemerintahan, dan Komisi 11 tentang keuangan. Jadi orang tahu bahwa caleg asal NasDem memang berkualitas,” tuturnya.

 

JK melanjutkan, sama seperti di dunia profresional, setiap anggota DPR yang memiliki prestasi yang baik berpeluang besar masuk ke pemerintahan menjadi menteri. Semua caleg mempunyai kesempatan yang sama.

 

“Semuanya bisa karena anggota DPR ialah posisi profesional yang diisi oleh orang-orang yang memahami masalah dan fokus untuk mengemukakan solusi atas masalah-masalah bangsa,” paparnya.

 

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menuturkan dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 NasDem menargetkan memperoleh 100 kursi berada dalam posisi tiga besar. Dengan modal 100 kursi, Surya menegaskan NasDem akan memperkuat sistem pemerintahan presidensial.

 

“Perlu ada kekuatan untuk mereposisi UU untuk memperkuat sistem presidensial yang murni. Kita ingin kepala pemerintahan dalam hal ini presiden bisa berdiri secara kukuh untuk menyelesaikan permasalahan bangsa yang kompleks,” ungkap Surya.

 

Surya juga menambahkan NasDem mau memiliki cita-cita besar dicatat dalam sejarah Indonesia sebagai partai yang betul-betul peduli mementingkan kepentingan bangsa daripada kepentingan kelompok maupun kepentingan partai itu sendiri.

 

“NasDem harus keluar dari posisi saat ini dan melakukan lompatan besar,” ujarnya. (Uta/*)

Sumber : https://www.partainasdem.id/read/5966/2018/09/03/tutup-orientasi-caleg-nasdem-jk-pesan-caleg-harus-pahami-sistem-pemerintahan