Surya Paloh: Pancasila adalah Penerang yang Memersatukan

JAKARTA (21 November): Ketua Umum Partai NasDem H Surya Paloh menegaskan kehadiran Partai NasDem adalah untuk mengambil peran dalam memertahankan seluruh konsepsi dan gagasan besar Pancasila sebagai hasil dari pemikiran para pendiri dan pemikir bangsa.

 

Dalam acara Peringatan HUT ke-4 Fraksi Partai NasDem dan Konsolidasi Anggota DPR – DPRD Partai NasDem se Indonesia di Mercure Hotel Ancol, Jakarta Utara, Selasa (20/11) malam Surya Paloh menegaskan Pancasila merupakan satu mahakarya dari para pemikir besar bangsa Indonesia.

 

“Ideologi ini merupakan satu kesepakan kita semuanya sebagai satu bangsa dan dia (Pancasila) memberikan makna sebagai penerang yang menerangi kita dalam jalan kegelapan,” ungkap Surya.

 

Melalui semangat kekitaan Surya Paloh mengajak kader NasDem untuk meyadari betapa arti pentingnya kehadiran kader NasDem sebagai pejuang restorasi untuk terus menerus memberikan  motivasi diri dari suatu arti keberadaan menjaga Pancasila.

 

Menurutnya, sudah sepatutnya seluruh anak bangsa memiliki satu pemahanan yang seragam atas gagasan besar Pancasila sebagai elemen perekat bangsa dari segala perbedaan dan patut untuk diperjuangkan secara sungguh-sungguh.

 

“Ideologi ini (Pancasila) juga merupakan alat pemersatu atas dasar perbedaan-perbedaan yang kita miliki, baik dalam perbedaan latar belakang ras, suku dan agama, maupun etnik,” sebutnya.

 

Surya Paloh juga menegaskan bahwa perjuangan kader NasDem tidak hanya untuk bagaimana memenangkan NasDem di pemilu serentak april mendatang, melainkan juga menjadi benteng Pancasila mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

“Bukan hanya itu. Hari ini saya sebagai anak bangsa galau, resah, gelisah  memikirikan eksistensi perjalanan kehidupan bangsa ini ketika saya mengetahui sebuah ancaman besar sudah semakin dekat di depan mata kepala kita,” ungkapnya.

 

Menurut Surya, ungkapan Presiden Soekarno yang menyebutkan lebih sulit menghadapi bangsa sendiri mulai terbukti.  Menurutnya, saat ini kita sulit membedakan mana kawan mana lawan meski sama-sama anak bangsa.

 

“Kita semakin sulit mebedakan mana kawan mana lawan kita sesama anak bangsa ini,” katanya.

 

Misi besar mengawal Pancasila tersebut, menurut Surya, sejalan dengan politik gagasan yang diusung Partai NasDem.  Terbukti, menurutnya, Partai NasDem hingga saat ini tidak mudah terlena untuk memanfaatkan posisi partai politik yang pragmatis.

 

“Tidak ada gunanya NasDem hebat besar dan terus maju tapi kita kehilangan Indonesia Raya,” ungkapnya.

 

Surya Paloh menekankan kepada anak-anak bangsa untuk tulus dan bertekad bersama-sama dalam mengawal Pancasila sebagai benteng bangsa.

 

“Harus kembali mengingatkan komitmen diri kita semuanya bahwasanya kita harus memerjuangkan untuk terus menerus dari waktu ke waktu agar Pancasila tetap berdiri kukuh dan teguh sebagai ideologi yang kita miliki,” pungkasnya.(*)

 

Sumber : https://www.partainasdem.id/read/6638/2018/11/21/surya-paloh-pancasila-adalah-penerang-yang-memersatukan