Meningkatkan Imunitas Tubuh di Musim Hujan

Category: Perspektif

Berbagai jenis virus dan bakteri mudah berkembang biak di musim hujan. Penularan penyakit pun umumnya lebih cepat terjadi selama musim ini. Karenanya penting sekali menjaga imunitas tubuh tetap kuat agar terhindar dari berbagai penyakit.

Memasuki musim penghujan, bulan Desember 2018 hingga Februari 2019, gangguan kesehatan seperti influenza, diare, ISPA, demam berdarah, leptospirosis dan sebagainya menjadi penyakit ‘langganan’ yang menyerang tubuh. Itu sebabnya musim hujan kerap disebut sebagai musim penyakit. Sistem kekebalan tubuh kita memainkan peran penting dalam melawan serangan penyakit. Jika daya tahan tubuh menurun, kita rentan terserang penyakit.

Sistem kekebalan tubuh kita membutuhkan banyak energi untuk mempertahankan tubuh dari serangan penyakit. Saat kita merasa lelah, demam atau kelenjar membengkak, berarti sistem kekebalan tubuh kita sedang bekerja melawan zat asing dan berbahaya. Sistem imunitas tubuh secara alami mampu mendeteksi dan menghilangkan infeksi virus. Kita pun secara aktif dapat meningkatkan kekebalan dan pertahanan alami dengan menjaga diri kita sendiri. Berikut ini cara untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit musim hujan.

1.     Fokus pada Nutrisi
Imunitas tubuh yang kuat tergantung pada asupan vitamin dan mineral yang seimbang dari waktu ke waktu. Makanan yang kaya seng semisal daging tanpa lemak dan unggas mampu mengendalikan peradangan di dalam tubuh. Mengonsumsi sayuran hijau gelap seperti bayam, sawi, kale dan brokoli juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh, karena kaya akan vitamin C. Hindari makanan yang bisa melemahkan kekebalan tubuh, seperti gula, tepung putih (yang dimurnikan), cafein dan alkohol. Jenis makanan dan minuman tersebut melemahkan kemampuan tubuh dalam menyaring racun.

2.     Meningkatkan Asupan Cairan
Air mampu melakukan keajaiban bagi tubuh manusia dengan berbagai cara. Tak hanya membawa oksigen ke dalam sel-sel tubuh, air juga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Jika sulit minum air putih, Anda bisa menambahkan irisan lemon. Lemon kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan flu dan mencegah penyakit. Jangan lupa untuk sering mengonsumsi minuman panas atau hangat seperti teh herbal. Teh panas dapat mengurangi lendir, meredakan sakit tenggorokan dan lambung. Teh yang mengandung ekaliptus, pepermin dan lemon dapat meningkatkan imunitas tubuh.

3.     Sering Mencuci Tangan
Jari dengan mudah menyebarkan bakteri dan virus dari gagang pintu atau telepon ke mata dan mulut kita. Mencuci tangan adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi penyebaran kuman dan menghindari penularan penyakit. Cuci tangan sebelum makan, keluar dari toilet, setelah bersin atau batuk. Cucilah tangan lebih sering jika seseorang di rumah atau tempat kerja Anda terkena pilek.

4.     Cukup Tidur
Tubuh kita memperbaiki dan memperbarui sel-sel selama tidur. Itu sebabnya orang yang kurang tidur kemungkinan tiga kali berisiko terserang flu, menurut penelitian di Carnegie Melon University, Pittsburgh. Tidur yang cukup minimal 8 jam per malam. Studi ini menemukan bahwa orang yang tidur delapan jam semalam mengembangkan antibodi yang lebih baik saat terkena virus influenza ketimbang mereka yang kurang tidur.

5.     Olahraga
Usahakanlah berolahraga selama 30 menit setiap hari. Orang yang melakukan olahraga ringan lima hari seminggu, 46% lebih rendah terserang pilek, menurut penelitian. Untuk mendapatkan motivasi, carilah teman latihan, menjadi anggota di pusat kebugaran, atau lakukan sesuatu yang Anda sukai seperti salsa atau yoga.

6.     Minum Supelemen
Tambahkan satu atau beberapa suplemen penunjang seperti vitamin C, Seng dan Omega-3. Vitamin D, mineral, dan elektrolit juga diketahui bermanfaat bagi kekebalan tubuh.

Artikel terkait :

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181029082340-255-342178/penyakit-penyakit-yang-meradang-saat-musim-hujan

https://www.liputan6.com/health/read/3230511/mau-sistem-kekebalan-tubuh-kuat-harus-santap-9-makanan-ini

https://www.idntimes.com/health/fitness/megan/olahraga-ringan-di-pagi-hari-biar-badan-cepat-langsing