NasDem Setuju KPU Buka Riwayat Hidup Caleg ke Publik

JAKARTA (7 Februari): Partai NasDem sepakat bahwa publik perlu memiliki akses untuk dapat mengetahui daftar riwayat hidup para caleg di situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Koordinator Wilayah (Korwil) NasDem untuk Jawa Tengah, Lestari Moerdijat menjelaskan bahwa NasDem amat terbuka kepada masyarakat yang ingin mengetahui riwayat hidup para caleg NasDem.

“Pada prinsipnya kami setuju kalau KPU membuka data riwayat hidup atau profil para caleg NasDem di situs resmi KPU,” kata wanita yang akrab disapa Mbak Rerie itu saat dihubungi di Jakarta, Kamis (7/2).

Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menemukan sebanyak 49% caleg dari seluruh partai yang ada menolak mempublikasikan data riwayat hidupnya ke publik. Partai urutan pertama yang calegnya menolak terbuka yaitu Partai Demokrat dengan 99,30%, kedua adalah Partai Hanura 99,06%, kemudian PKP Indonesia sebesar 97,08%, Partai Garuda sebesar 94,69% dan kelima Partai NasDem sebesar 58,09%.

Menanggapi hal tersebut, Mbak Rerie yang juga Caleg DPR-RI daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah II dari Partai NasDem nomor urut 1 itu mengatakan NasDem telah menyerahkan seluruh data riwayat hidup para caleg ke KPU pada saat masa pendaftaran dan penyerahan berkas formulir model BB.2. Karena itu dia mengaku heran mengapa belum semua daftar riwayat hidup caleg NasDem muncul di situs KPU.

“Saya sudah cek ke tim, dan tim menjelaskan bahwa semua berkas CV para caleg NasDem sudah diserahkan ke KPU,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) NasDem sekaligus penghubung NasDem ke KPU Dedy Ramanta mengatakan bahwa sejak awal NasDem telah menyampaikan kepada KPU agar membuka semua dokumen daftar riwayat hidup caleg NasDem. Namun, Dedy mengaku hingga saat ini KPU belum merespon permintaan tersebut sehingga masih ada caleg NasDem yang daftar riwayat hidupnya belum tampil di situs KPU.

“Permohonan yang kami sampaikan hingga sekarang tidak direspon. Hal ini terkait juga waktu pendaftaran terjadi error pada sistem IT SILON KPU. Jadi pada dasarnya kami Partai NasDem sudah menyampaikan secara resmi tentang hal tersebut,” ungkap Dedy.

Untuk menindaklanjuti masih adanya caleg NasDem yang daftar riwayat hidupnya belum ada di situs KPU, Dedy mengaku akan segera berkomunikasi dengan KPU agar bisa sesegera mungkin menampilkan data-data riwayat hidup semua caleg NasDem.

“Akan segera dibicarakan lagi dengan KPU agar profil daftar riwayat hidup bisa segera muncul,” tegasnya. (Uta/*)

Sumber : https://www.partainasdem.id/read/7331/2019/02/07/nasdem-setuju-kpu-buka-riwayat-hidup-caleg-ke-publik