Lestari Moerdijat Akan Usulkan Ratu Kalinyamat Sebagai Pahlawan Nasional

Jepara – Lestari Moerdijat berziarah ke makam Ratu Kalinyamat di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Selasa (26/2/2019). Caleg Partai NasDem Dapil II Jateng nomor urut 1 ini, berziarah sekaligus mengenang kembali sosok Ratu Kalinyamat, seorang wanita Jepara yang menjadi ratu, sekaligus ahli di bidang politik, ekonomi dan militer di masa kepemimpinannya.

Dalam kunjungannya, Rerie sapaan akrabnya didampingi oleh Connie Rahakundini Bakrie, seorang pengamat militer wanita Indonesia yang tertarik dengan jejak kejayaan Ratu Kalinyamat dalam bidang maritim. Di masa kepemimpinannya dulu, nama Ratu Kalinyamat sangat ditakuti oleh Portugis karena kekuatan militernya.

Pertemuan dan diskusi ini juga dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Jepara, Nur Hidayat, juru kunci, segenap pengurus yayasan pengelola makam Kalinyamat dan millenial pegiat sejarah Jepara yang bergabung dalam Yayasan Lembayung.

Melalui Yayasan Dharma Bhakti Lestari, Rerie menyampaikan keinginannya agar sosok Ratu Kalinyamat diangkat menjadi pahlawan nasional. Untuk itu, dibutuhkan kerjasama yang berkesinambungan antara masyarakat, pemerintah, dan para pegiat sejarah agar proses pengajuan disetujui oleh pemerintah.

Pengurus yayasan menyambut baik ide Lestari Moerdijat tersebut. K.H Ali sebagai pengurus mengatakan “Semoga keinginan dan usaha Ibu Lestari Moerdijat untuk mengusulkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional bisa segera terwujud. Kami sebagai pengurus yayasan siap membantu total dan bersedia untuk menyediakan semua bukti yang diperlukan dalam pengajuan tersebut”.

Kegiatan diakhiri dengan ziarah dan doa bersama di depan Makam Ratu Kalinyamat.