Kuliner Khas Pantura Jawa Tengah

Mudik menjadi momen paling ditunggu-tunggu para perantau. Selain untuk bertemu dengan keluarga tercinta, momentum mudik merupakan ajan untuk mencicipi masakan lokal yang jarang ditemui di perantauan.

Mudik ke Demak, Kudus dan Jepara jangan lewatkan kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan. Makanan-makanan tersebut diantaranya

1. Sop Balungan – Demak
Ke Demak belum lengkap jika tidak mencicipi Sop Balungan. Terdiri dari balungan, wortel, kentang dan taburan kacang dengan kuah yang nikmat, kuliner ini wajib dicoba.

2. Sate Kerbau – Kudus
Kudus terkenal dengan olahan daging kerbau, selain Soto Kudus dan Pindang Kebo, ada kuliner khas Kudus yang wajib dicoba ialah Sate Kerbau. Sate dengan daging kerbau ini tidak alot dan bumbunya meresap dengan baik. Sangat lezat dinikmati dengan lontong ataupun nasi.

3. Lentog – Kudus
Lentog adalah kuliner khas Kudus yang berisikan lontong dengan beragam jenis sayur seperti sayur nangka, tahu dan tempe. Disiram dengan kuah santan kental dan taburan bawang goreng. Akan lebih nikmat jika disantap dengan kudapan sate telur puyus bumbu semur, sate usus dan kerupuk.

4. Pindang Serani – Jepara
Makanan ini sangat terkenal di Jepara. Pindang Serani memiliki rasa manis, asam dan pedas. Terbuat dari daging ikan yang lembut dengan kuah yang enak, makanan ini menjadi salah satu kuliner favorit di Jepara.

5. Pecel Horog-horog – Jepara
Makanan ini terdiri dari pecel yang dicampur dengan olahan sagu khas Jepara bernama horog-horog. Oleh karena itu disebut dengan nama Pecel Horog-horog. Jika mudik ke Jepara jangan lupa untuk mencicipi Pecel Horog-horog ini.