3 Tradisi Syawalan Khas Dapil II

1. Sedekah laut Khas Demak

Sebagai wilayah yang berada di pesisir laut Jawa, warga Demak menggelar Syawalan dalam acara sedekah laut. Upacara Pesta Sedekah Laut diawali dengan sajian Tari Zippin pesisiran khas Demak. Keberangkatan dilanjutkan dengan melarung sesaji berupa tumpengan di perairan sekitar Pantai Morodemak, Kecamatan Bonang. Acara syawalan ini merupakan wujud syukur warga Demak kepada Allah atas limpahan rejeki yang diberikan.

2. Kupatan Khas Kudus

Di Kudus perayaan kupatan dilakukan 1 minggu setelah Lebaran / Idul Fitri. Acara kupatan akan ada gunung yang terbuat dari ketupat yang mana akhirnya akan menjadi direbutkan oleh masyarakat setempat. Ini adalah acara puncak dan meriah saat kupatan di kota Kudus. Di kudus sendiri saat kupatan akan ramai menyembelih entok untuk dimakan bersama keluarga ataupun dibagikan di warga setempat.

3. Lomban tradisi syawalan khas Jepara

Pesta Lomban atau dikenal juga dengan nama oleh masyarakat setempat sebagai bakda kupat dan bakda lomban adalah pesta masyarakat nelayan di wilayah Kabupaten Jepara dalam bentuk sedekah laut.Terunik dari tradisi ini adalah mengarak perahu kecil berisi kepala kerbau dan hasil bumi. Perahu ini kemudian dibawa ke tengah laut untuk dilarung. Larung kepala kerbau menjadi langkah untuk memberi sedekah, baik kepada sesama maupun kepada makhluk lain.