Sondang Tampubolon Wakili NasDem ke APCF

JAKARTA (17 Juni): Partai NasDem diundang menjadi salah satu pembicara dalam dua forum pertemuan tahunan International, Asia Pacific Campaign Forum (APCF) dan Women Candidates Training Sessions di Double Tree-Hilton, Cairns-Queensland, Australia pada tanggal 4-7 Juni lalu.

 

Acara yang diselenggarakan Australian Labor International (ALI) ini berlangsung pada tanggal 4-7 Juni lalu.

 

Di forum APCF, dalam sesi bertajuk “2019 Indonesian Parliamentary Elections”, Sondang  mempresentasikan pemilu legislatif Indonesia 2019 yang baru saja berlangsung, dan kenaikan terpilihnya caleg perempuan NasDem menjadi anggota DPR RI lebih dari 30%. Sedangkan di forum Women Candidates Training, Bidang Hubungan Luar Negeri DPP NasDem itu juga mempresentasikan pemberdayaan perempuan.

 

“Ada satu tema lagi yang saya presentasikan yaitu apa saja rencana ke depan yang akan dilakukan dalam sesi Empowering Women – What More Can We Do? Di sini saya membagikan pengalaman dan rencana-rencana kerja ke depan,” jelas Sondang.

 

Pada sesi tersebut, Gillian Torie dari Papua Nugini dan Noe Noe Htet San dari Myanmar juga ikut menyampaikan pengalaman mereka di negara masing-masing.

 

“Selain menjadi pembicara dalam forum ini, saya juga berkesempatan untuk mempelajari Pemilu Australia yang baru saja diselenggarakan pada 18 Mei lalu,” tambah mantan caleg DPR RI NasDem itu.

 

Pada kesempatan tersebut, Paul Erickson Asisten Sekretaris Jendral Partai Buruh Australia (Australian Labor Party/ALP) menjadi pembicara utama.

 

“Selain menyimak presentasi, saya juga berkesempatan mengikuti diskusi yang dipimpin Senator Claire Moore dari ALP tentang networking, mentoring dan safety valves. Saya menangkap, pola mentoring yang dilakukan kepada calon senator atau anggota dewan oleh mentor yang telah terlebih dahulu menjadi senator dan dewan ternyata sudah dilakukan sejak masa kampanye,” terang Sondang.

 

Selain itu, Sondang juga berkesempatan mempelajari partai politik dari negara lain seperti dari Papua Nugini.

 

“Seminar, pelatihan dan training seperti ini rupanya sangat penting bagi kader-kader partai politik, apalagi menyangkut strategi kampanye yang efektif,” papar Sondang.

 

Forum tahunan ini diikuti 25 peserta yang terdiri dari kader partai politik dari 7 negara. Sayangnya, peserta dari Maldives dan Filipina berhalangan hadir.

 

Pelatihan seperti ini selayaknya memang diadakan secara berkala oleh partai politik terhadap kader kadernya sehingga akan membentuk kader partai yang punyai pemahaman tentang apa yang menjadi misi partai.

 

“Sehingga saat turun ke masyarakat tidak akan jetlag oleh pertanyaan-pertanyaan yang sulit dijawab dan bisa ikut menyelesaikan masalah-masalah kecil di lingkungannya,” tutup Sondang. (*)

Sumber : https://partainasdem.id/read/8225/2019/06/17/sondang-tampubolon-wakili-nasdem-ke-apcf