Indonesia dan Minat Baca yang Rendah

Masih ingat dengan pepatah “Membaca adalah jendela dunia”, nampaknya kata-kata ini memang benar adanya. Membaca memberikan banyak keuntungan, mulai dari mendapat pengetahuan, memperbaiki memori, melatih keterampilan berpikir analitis, meningkatkan konsentrasi hingga mengurangi stres.

Namun, sayangnya minat baca di Indonesia terbilang sangat rendah. Berdasarkan hasil riset Central Connecticut State University 2016, Indonesia menempati peringkat ke-60 dari 61 negara dalam katageri Most Literate Nations in The World (medcom.id).

Sangat disayangkan, mengingat budaya membaca ini memberikan banyak keuntungan. Dengan berkembangnya teknologi dan semakin majunya ilmu pengetahuan, harusnya dibarengi dengan tumbuhnya minat baca bagi generasi muda di Indonesia. Tetapi yang terjadi justru sebaliknya.

Generasi muda saat ini tergolong semakin malas membaca, mengapa? Ada banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya lingkungan keluarga. Keluarga adalah tempat pertama bagi anak untuk belajar. Jika keluarga tidak membiasakan budaya membaca, akan sulit untuk menumbuhkan minat baca pada anak.

Selain itu, perkembangan teknologi yang kian canggih
tetapi tidak dimanfaatkan untuk hal yang bermanfaat. Menghabiskan waktu dengan gadget untuk bermain gim atau berselancar di medsos, dibandingkan menggunakan gadgetnya untuk membaca.

Kurangnya motivasi juga menjadi penyebab rendahnya minat baca. Masih banyak orang yang menganggap membaca adalah suatu hal yang tidak terlalu penting dan membosankan, sehingga kurang mempunyai kesadaran serta motivasi untuk rajin membaca.

Mahalnya buku bacaan juga menjadi faktor kurangnya minat baca. Sehingga orang tua atau anak muda pun enggan membeli buku. Hal ini membuat saya sangat tergugah untuk meningkatkan minat baca anak muda di Indonesia. Salah satu cara yang bisa saya lakukan adalah dengan membuat perpustakaan Lestari. Bersama Yayasan Dharma Bakti Lestari dan Sahabat Lestari, kita berusaha menyalurkan buku-buku bacaan guna meningkatkan minat baca.

Semoga kedepannya, minat baca di Indonesia semakin tinggi.

#lestarimoerdijat #buku #membaca #puisi #indie #kekinianbanget