MPR Menyosialisasikan Empat Konsensus Kebangsaan

Category: Berita

Jakarta: Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Lestari Moerdijat, menyosialisasikan empat konsensus kebangsaan kepada Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Lestari menegaskan peran pemuda dalam estafet pemahaman empat konsensus itu.

“Semua anak bangsa bertanggungjawab untuk menjaga persatuan,” kata Lestari di Gedung Nusantara IV Komplek parlemen Senayan Jakarta, Sabtu, 8 Februari 2020.

Menurut dia, empat konsesnsus yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI adalah pondasi yang harus dipahami dan dipertahankan oleh semua anak bangsa. Sebab dalam konsensus itu ada nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman bangsa dalam berkehidupan yakni nilai religius, semangat pantang menyerah, hidup mandiri dan bertoleransi.

Dalam Pancasila misalnya, ada pedoman bagi bangsa yang mesti dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari pola pikir hingga menjadi kebiasaan dalam tindakan.

Kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung dengan partisipasi penuh dari para peserta. Saat menyampaikan materinya, Lestari mengajak peserta berdialog dan membangun pemahaman tentang kondisi riil kebangsaan saat ini.

Politikus partai NasDem itu mengajak peserta menuliskan sejumlah poin permasalahan bangsa yang dianggap peserta mendesak untuk segera diselesaikan. Poin permasalahan tersebut dituliskan di sticky notes dan kemudian ditempelkan di papan. Setelah dilakukan pemetaan masalah, para peserta dituntun untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut.

https://www.medcom.id/nasional/politik/Dkq7YM6N-mpr-menyosialisasikan-empat-konsensus-kebangsaan?utm_source=share_mobile&utm_medium=share_whatsapp&utm_campaign=share