Perangi Korona, Lestari Moerdijat Bagikan Ratusan Hand Sanitizer

Category: Berita

KUDUS, Radar Kudus – Dalam rangka kegiatan NasDem Peduli Wabah COVID-19, Sahabat Lestari membagikan ratusan hand sanitizer kepada beberapa rumah sakit rujukan di Kabupaten Demak dan Kudus. Kegiatan ini wujud kepedulian Dewan Pembina Sahabat Lestari, Lestari Moerdijat, dan upaya ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus korona di wilayah tersebut.

Pembagian dilakukan di beberapa rumah sakit rujukan di antaranya RSUD Sunan Kalijaga Demak, RSUD Sunan Kudus, RSUD Dr. Loekmonohadi Kudus dan RS Aisyiyah Kudus.

Khoirul Anwar, Koordinator Relawan Tanggap Corona Sahabat Lestari mengatakan pembagian ini dilakukan mengingat cairan antiseptik atau hand sanitizer ini mengalami kelangkaan sehingga sulit ditemukan di pasaran.

”Sejak adanya kasus pertama di Indonesia, hand sanitizer menjadi barang langka yang banyak diburu masyarakat. Para pekerja yang sehari-hari bertemu penumpang maupun pasien jadi kesulitan mendapatkannya. Padahal ini sangat penting untuk melindungi mereka,” ucap Chaerul Anwar, Selasa (31/3/2020).

Selain itu, pembagian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan diri, terutama para supir angkot dan bus yang setiap hari bertemu dengan banyak penumpang. Sehingga diperlukan perlindungan diri agar terhindar dari bahaya virus corona, salah satunya dengan menggunakan hand sanitizer ini.

”Ada sekitar 850 hand sanitizer yang hari ini dibagikan, semoga bermanfaat untuk mereka,” tambahnya.

Sementara itu, di beberapa rumah sakit rujukan, pembagian hand sanitizer ini ditujukan untuk para petugas medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi virus korona. Mengingat mereka termasuk golongan rentan tertular virus corona.

”Para petugas medis kan orang yang cukup rentan tertular, sehingga perlu perlindungan diri, salah satunya hand sanitizer ini,” ucapnya.

Sumber : https://radarkudus.jawapos.com/read/2020/04/01/186598/perangi-korona-lestari-moerdijat-bagikan-ratusan-hand-sanitizer