Berita

Dorong Produktivitas SDM Demi Peningkatan Daya Saing Nasional

 

Upaya untuk mendorong sumber daya manusia (SDM) Indonesia tumbuh dengan produktif, profesional, memiliki karakter, dan mampu bersaing di kancah global harus dilakukan demi mewujudkan manusia Indonesia yang berdaya saing pada Indonesia Emas 2045.

"Upaya meningkatkan produktivitas setiap warga negara melalui proses pembangunan SDM yang berkelanjutan harus menjadi perhatian semua pihak," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/12). 

Baca Juga - Lestari Moerdijat: Peningkatan Daya Saing SDM Nasional Harus Menjadi Perhatian Serius Semua Pihak

Catatan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) tercatat Indeks Pembangunan Manusia Indonesia mengalami kenaikan dengan rata-rata sebesar 0,77% per tahun.

Di sisi lain, saat ini  jumlah angkatan kerja Indonesia telah mencapai 147,71 juta dan trennya terus bertambah setiap tahun terdiri dari lulusan sekolah menengah atas yang tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi dan pemuda lulusan perguruan tinggi. Sementara, penduduk yang bekerja hanya sebesar 139,85 juta dengan tingkat pengangguran terbuka sebesar 5,32%.

Berita Lainnya - Lestari Moerdijat: Akselerasi Pembangunan SDM Harus segera Dilakukan untuk Jawab Transformasi Global

Menurut Lestari, upaya menyelaraskan antara kualitas lulusan lembaga pendidikan dan kebutuhan dunia kerja harus terus diupayakan sehingga sejumlah kebijakan yang diterapkan mampu terus menekan tingkat pengangguran terbuka. 

Rerie, sapaan akrab Lestari berpendapat upaya untuk membentuk generasi muda menjadi pembelajar merupakan langkah yang strategis mengingat di era globalisasi saat ini sarat dengan perubahan di berbagai bidang. Karena dengan menjadi pembelajar, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, proses adaptasi terhadap berbagai perubahan tersebut diharapkan dapat berjalan dengan baik. 

Selain itu, Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu juga berpendapat, sejumlah kebijakan di sektor pendidikan secara konsisten juga harus disempurnakan agar mampu menjawab tantangan di dunia kerja. 

Berita Terkait - Lestari Moerdijat Tekankan Pentingnya Peningkatan Kualitas SDM di Wilayah 3T

Menurut Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu dalam proses pembangunan nasional yang menekankan pada peningkatan kualitas SDM nasional harus mendapatkan dukungan penuh semua pihak secara menyeluruh, baik di tingkat pusat hingga daerah. 

Rerie sangat berharap proses peningkatan kualitas SDM nasional harus dijalankan secara berkelanjutan dengan langkah yang terukur sehingga pencapaian target dapat direalisasikan dengan baik.*